LATIHAN 2
Nama: Anisa Nur Hasanah
NPM: 210104180136
Kelas: C
Semester: 6
Matkul: Editing Media
@ruqujatinangor : produk Quran Utsmani
https://www.instagram.com/p/CCS7NJIsiie/?igshid=10knh7htyx65l
Attention, pada slide 1 dengan judul yang dapat membuat pembaca bimbang atau ragu apakah Quran milik mereka sudah “se-nice” Quran Utsmani atau belum. Sehingga dapat membuat pembaca penasaran dan tertarik untuk mengetahui apa isi dari slide selanjutnya, yang bisa juga menjadi salah satu dari strategi AIDA, yaitu Interest.
Desire, slide 2-4 memberikan manfaat dari memiliki Quran Utsmani yang dijualnya itu ada apa saja. Dengan kata-kata, seperti “di bagian bawah tiap halaman … buat jadi clue supaya kamu-kamu …” (pada slide 2) menunjukkan manfaat salah satu fitur produk tersebut bila target memiliki Quran Utsmani, dilengkapi dengan gambar yang membantu audiens tervisualisasi dengan fitur produknya.
Kemudian, desire yang memancing emosi negatif, di slide 5, dengan kata-kata “kamu sering engap pas tilawah karena engga tau tempat berentinya?” yang kemudian memberikan solusi berupa salah satu fitur yang ada pada Quran tersebut, “di Quran Utsmani kamu engga perlu engap lagi. Karena ada petunjuknya. …” Dengan menyebutkan manfaat yang didapat dari fitur-fitur yang dimiliki Quran Utsmani juga dapat membuat audiens menyimak kontennya, interest.
Action, ada pada caption dengan kata-kata, “Yuk dipesan sebelum kehabisan!!!” kemudian melaporkan kontak untuk memesan sehingga apabila ada yang tertarik mereka dapat langsung menghubungi kontak tersebut.
@bapak2id : produk byu.id
https://www.instagram.com/p/CLL3Zp7H45C/
Konten iklan yang dibuat dalam berbentuk video berdurasi 7 menitan , bila audiens tidak membaca terlebih dahulu captionnya, maka pembaca tidak menyadari bahwa konten tersebut mengandung unsur iklan di bagian akhir. Dari pengemasannya dapat menunjukkan poin attention yang dapat menarik perhatian.
Yang kemudian seiring video berjalan dari tengah hingga akhir baru disampaikan fitur dan manfaat yang akan diperoleh bila menggunakan provider byu, seperti “ ada 2 GB kuota…” lalu, memberi studi kasus agar lebih mudah memahami cara kerja provider byu, hal tersebut dapat menjadi poin interest yang kemudian diiringi dengan memberi tahu manfaatnya apa saja dengan memakai byu juga menjadi poin desire karena menyebutkan benefit. Selain itu poin interest lainnya adalah pembawaannya yang menghibur juga bisa membuat audiens menyimak konten sampai akhir.
@thelocalenablers : kegiatan webinar
https://www.instagram.com/p/CLVVSDXMWCa/?igshid=uee41ap6wbm6
Attention dengan judul yang membuat audiens ingin mengetahui bagaimana cara komunikasi yang efektif dengan orang lain, hal tersebut juga bisa membuat audiens ingin menyimak ada konten apa di slide selanjutnya yang juga merupakan strategi AIDA, interest.
Interest, di slide 2-6 memberikan konten berupa informasi yang menjadi interest audiens sehingga turut menyimak konten hingga akhir. Kemudian di slide ke 7 ada attention kembali, dengan kata-kata berupa kata tanya “lalu gimana sih sebenernya … untuk menjadi pendengar yang baik?” hal tersebut dapat menarik perhatian audiens, ditambah dengan kata-kata “temukan jawabannya disini” yang juga dapat membuat audiens untuk menggeser ke slide selanjutnya.
Action, ada pada slide terakhir yang menampilkan poster dari webinar yang akan diselenggarakan, juga pada caption dengan kata-kata “Temukan jawabannya sore ini!...”. Pada caption, juga terdapat interest audiens dengan kata-kata “Gratis! …”.
@kokbisa : kelas Creator Camp
https://www.instagram.com/p/CLEcnfEFXmF/?igshid=1ubh706hc9wni
Pada slide pertama menampilkan desire berupa kegiatan apa sekaligus benefit yang didapat jika mengikuti Creator Camp yang diselenggarakan oleh Kok Bisa. poin attention bisa terdapat pada visual kontennya yang menarik.
Pada slide 2-6 menampilkan informasi-informasi yang merupakan poin interest yang membuat audiens menyimak benefit apalagi yang akan didapatkan bila mengikuti Creator Camp. dari benefit yang disampaikan juga dapat menjadi desire yang membuat audiens kepengen ikutan camp nya.
Pada caption, terdapat unsur interest, berupa kalimat “Acara ini gratis,...” juga “Penasaran gimana cara produksi video Kok Bisa?...” yang dapat membuat audiens menyimak kalimat selanjutnya maupun kontennya, yang kemudian disambung ke kalimat berikutnya yang menyebutkan fitur dan manfaat, “Kok Bisa berkolaborasi dengan...Nanti, kalian akan belajar rahasia dapurnya langsung …”
Caption juga mengandung kalimat-kalimat action, seperti “Baca persyaratan di gambar”, “ Isi formulir pendaftaran”, “Tunggu email balasannya!”, “Daftar sekarang:...”.
@indomie : mieghetti bolognese
https://www.instagram.com/p/CKu6L1glhNZ/
Attention, terdapat pada visual yang menarik juga pengemasannya berupa video yang menarik juga dengan judul yang memang merupakan keunggulan produk, yang menggabungkan mie dengan spaghetti. Untuk interest, sebenarnya sudah ada pada produknya itu sendiri ditambah dengan varian rasa baru yang membuat orang tertarik untuk mencicipinya.
Desire, benefit apa saja dari produk mieghetti ini? Ditampilkan pada caption, “MIEE-GHEE-TTIII
MIE-nya mieeesterius,
GHE-laaa bumbu Bolognesenya gurih,
TTI-ap orang bisa pake bubuk cabenya sesuai selera.”’
Bahasa yang dipakai pada caption juga menarik perhatian, attention.
Action, terdapat pada caption dengan kata-kata “Penasaran kan? Pesen #Indomieghetti sekarang di Shopee!..”
Komentar